[Ubuntu] Trik: Mereset Password di Ubuntu dengan Live CD


Akhir pekan yang menyenangkan bukan? Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi trik bagaimana mereset password di Ubuntu dengan Live CD (atau Live USB). Sekedar informasi, saya pernah menulis artikel bagaimana mereset password lewat GRUB, silakan klik di sini untuk membaca artikel tersebut. Sayangnya, trik tersebut tidak dapat digunakan jika entri GRUB diproteksi dengan password. Gimana caranya gan, memproteksi entri GRUB? Klik di sini untuk panduannya. Bayangkan jika kalian menghadapi suatu masalah di mana kalian lupa password untuk login dan password untuk entri di GRUB, apa yang akan kalian lakukan? Tentu saja, instal ulang bisa menyelesaikan masalah ini dengan mudah, tapi tidak mencerdaskan! Selalu ada solusi jika kita mau berusaha! Tentu saja, meskipun GRUB diproteksi dengan password kita masih bisa mereset password Ubuntu dengan Live CD. Namun perlu diingat, artikel ini ditulis bukan untuk berbuat usil atau perbuatan yang melanggar hukum, tapi untuk membantu kalian menyelematkan sistem yang "terkunci" karena kelupaan password.

Mereset password di Ubuntu dengan live CD
Pada artikel ini kita akan mereset password dari user yang bernama "hok00age", mari kita mulai. Siapkan live CD atau live USB kalian, terserah mau pake distribusi apa saja (UbuntuBlankOn, atau yang lain), tapi pada artikel ini saya menggunakan live CD Ubuntu. Booting dengan live CD tersebut sampai desktop muncul di layarkemudian buka Nautilus dengan perintah:
  1. gksudo nautilus  
Maka akan nampak beberapa partisi muncul di sidebar, pilih partisi yang merupakan partisi root dari komputer kalian, bukan partisi root dari live CD. Partisi root biasanya berisi banyak folder antara lain etc, dev, usr, dan lain-lain. Sudah bisa membuka partisiroot? Jika ya, mari kita lanjut.

Buka file "/etc/shadow" dengan Gedit, kemudian cari username yang ingin diresetpassword-nya, dalam kasus ini adalah "hok00age":
  1. hok00age:$1$2TUdk8Z0$tb2Fn6Idgo8dq9EgYv4xZ0:13721:0:99999:7:::  
Lihat kode di atas, yang perlu kalian lakukan adalah mengganti tulisan aneh "$1$2TUdk8Z0$tb2Fn6Idgo8dq9EgYv4xZ0" dengan tulisan yang sama anehnya yaitu "U6aMy0wojraho", sehingga menjadi seperti ini:
  1. hok00age:U6aMy0wojraho:13721:0:99999:7:::  
Itu maksudnya apa gan? Maksudnya adalah kita membuat "blank" password untukusername "hok00age", jadi kita bisa login dengan username "hok00age" dengan mengosongi kotak password, setelah kita berhasil login, maka password dapat diubah sesuka hati.

OK, setelah yakin dengan apa yang kalian lakukan, simpan file tersebut danrestart komputer untuk merasakan perubahannya.

Jika kalian kurang paham dengan penjelasan saya, silakan lihat video di bawah ini:


Referensi lain: Ubuntuforums.org

Komentar

Postingan Populer